Deng Ile: Android Studio: Membuat Aplikasi Android

Maret 28, 2016

Android Studio: Membuat Aplikasi Android


Membuat, Merancang, Men-desain atau Mengembangkan aplikasi android menggunakan android studio bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Banyak aplikasi berbasis website yang bisa anda gunakan jika hanya ingin mencoba membuat aplikasi mobile android (Seperti: App Inventor, Appgeyser). Tapi apa hebatnya?

Bisa mengembangkan aplikasi android menggunakan android studio terhitung cukup fantastis menurut saya. Selain penguasaan tool yang lumayan rumit butuh waktu lama untuk mengerti alur pemrograman. Apalagi butuh penguasaan beberapa dasar bahasa pemrograman terutama JAVA.

Lalu jika saya seorang pemula apa boleh saya memulai membuat aplikasi mobile android pada android studio? ohh ya jelas boleh. Saya hanya butuh waktu sekitar 2 minggu untuk membuat aplikasi pertama saya. Tidak begitu sulit bukan?

Nah, lalu apa saja yang harus saya siapkan untuk memulai ritual "Mengembangkan Aplikasi Android"?

1. Laptop/Komputer Desktop dengan minimum requirement sebagai berikut (Windows):
  • Microsoft® Windows® 8/7/Vista (32- or 64-bit)
  • 2 GB RAM minimum, 4 GB RAM recommended. 
Saya menggunakan RAM 3 Giga dan menurut saya sudah lumayan. Kinerja laptop masih bisa di tolerir.
  • 400 MB hard disk space.
  • At least 1 GB for Android SDK, emulator system images, and caches.
  • 1280 x 800 minimum screen resolution.
  • Java Development Kit (JDK) 7.
2. Download Android Studio disini
3. Install Android Studio
4. Dowload SDK yang dibutuhkan. caranya:

-Buka direktori C:\Program Files\Android\android-sdk
-Klik 2x SDK Manager
-Centang Package yang dibutuhkan, Download kemudian Install 

5. Setelah semua siap, Anda sudah bisa memulai Pengembangan Aplikasi Android.

Langkah selanjutnya jalankan Android Studio,  Bingung mau mulai dari mana. Silahkan download atau baca tutorial yang sudah saya siapkan untuk anda dibawah.

Tutorial 1 - Mengembangkan Aplikasi Android menggunakan Android Studio
Tutorial 2 - Mengembangkan Aplikasi Android menggunakan Android Studio

Nah, Setelah anda mendownload tutorial ini, sebaiknya anda mulai membaca dan mempelajari dengan seksama. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment